Pengertian Komputer
Komputer adalah peralatan elektronik yang memiliki kemampuan mengolah data dan menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi manusia.
Untuk menggunakan komputer diperlukan hardware, software, dan brainware
Semua masukan yang diterima komputer disebut data (huruf, angka, grafik, diagram, suara dsb)
Data tersebut diproses oleh CPU (central Processing Unit) untuk kemudian diubah menjadi data biner agar dapat diproses oleh CPU untuk menghasilkan keluaran atau output yang berupa informasi yang dapat membanu kegiatan manusia.

Sistem Komputer Terdiri Dari 3 : 
  1. Software
  2. Hardware 
  3. Brainware / User

1. Software (Perangkat Lunak Komputer)
Adalah kumpulan dari instruksi-instruksi yang akanmengatur kerja komputer.
Jenis-jenis perangkat lunak:
Sistem Operasi : Perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkat-perangkat komputer. Contoh sistem operasi : DOS, Windows, Unix, Linux, Machintosh, Lindows, dll
Sistem Aplikasi : perangkat lunak penunjang untuk tujuan tertentu. Misalnya: Ms. Office, Word Processor, Corel Draw, Adobe Photoshop, Autocad, dll
Utility: untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat keras komputer. Misalnya: tune up utilitys, anti virus.

2. Hardware
Hardware / Perangkat Keras dapat didefinisikan sebagai peralatan dalam sistem komputer yang dapat dilihat dan dapat dijamah secara fisik.
Secara fungsional, perangkat keras dapat digolongkan sebagai berikut:
Perangkat Input
Digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer sesuai dengan format yang diijinkan komputer untuk kemudian diolah ke dalam media pemroses. Contoh: Keyboard, mouse, bar-code reader, floppy-disk drive,CD-ROM drive, USB drive,Digital camera, Microphone

3. Brainware / User
Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer.


Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Yang mengoprasikan komputer sering disebut dengan user, user atau brainwere ada beberapa macam, contohnya seperti dibagian bawah ini:

Perangkat pemroses
Terdiri dari CPU (central processing unit) atau prosesor yang didukung oleh motherboard dan dibantu oleh komponen-komponen yang ada di dalam motherboard tersebut.
ALU (Arithmetic Logic Unit)
Merupakan unit pengolah data aritmatika (perhitungan matematis,statistika dll) dan logika (perhitungan perbandingan; lebih besar,lebih kecil, AND, OR dll).
CU (Control Unit)
Merupakan unit pengendalian atas suatu proses yang sedang dikerjakan.
MU (Memory Unit)
Merupakan unit pendukung, semua perintah yang sering digunakan oleh prosesor akan disimpan sementara pada bagian ini.